Working Hours Monday - Friday 08:00-16:00
Toll Free 1800.899.900

Pivot Stories

Rahasia 10 Warna & Perkembangan Anak

07 December 2016 516 views

TAHUKAH ANDA, bahwa karakter dan emosi anak berkaitan erat dengan WARNA? Bagaimana dengan ruang-ruang yang sering ditempati anak Anda seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang belajar dan ruang bermain? Dimana ruang-ruang lain dalam rumah tidak begitu memberikan pengaruh yang signifikan kepada anak-anak.

Untuk mendukung masa pertumbuhannya, warna cerah dapat merangsang kreatifitas, memperkuat daya imajinasi, memberi semangat, mempengaruhi rasa estetika, dan memperkuat rangsangan motorik. Anak akan memiliki reaksi POSITIF terhadap WARNA CERAH seperti merah, pink dan biru. Sedangkan terhadap WARNA GELAP seperti abu-abu, hitam dan coklat akan memberikan reaksi yang sedikit NEGATIF pada anak. Tetapi semuanya itu ada caranya.

Mari kita mengetahui lebih dalam mengenai WARNA dan DAMPAKNYA secara psikologis, demi menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak.

1. WARNA HIJAU 


HIJAU memberikan ketenangan. Namun, apabila kamar anak Anda terlalu banyak warna hijaunya dapat membuat anak menjadi MALAS.

Warna hijau pada kamar sebaiknya dikombinasikan dengan warna-warna lain seperti oranye atau merah.

2. WARNA BIRU


BIRU memberikan kesan dingin, juga tenang. Warna biru nyaman di mata dan kerapkali menjadi warna kesukaan bagi anak laki-laki. Namun perlu diperhatikan, apabila terlalu banyak warna biru pada kamar anak Anda dapat membuat anak menjadi pasif. Jadi, ada baiknya Anda mengkombinasikannya dengan warna hangat.

3. WARNA MERAH


Tepat seperti yang Andaketahui, MERAH memang berarti aktif, berani, agresif, kuat, hangat, Namun warna merah juga dapat berarti dendam, panas, marah, tidak sabar, tekanan, dan intimidasi. Warna merah membangkitkansemangat, produktifitas, perjuangan, persaingan, dan keberanian.  Perlu diperhatikan, kamar bayi yang berusia dibawah 1 tahun tidak disarankan menggunakan warna merah.

4. WARNA KUNING


KUNING melambangkan spontanitas, keceriaan, kehangatan, dan energi. Warna kuning identic dengan mainan anak-anak, juga banyak digunakan untuk menangkap perhatian orang. Warna kuning yang terlalu terang kurang cocok digunakan di kamar tidur anak karena dapat membuatnya silau dan sulit beristirahat.

5. WARNA ORANYE


ORANYE merupakan hasil percampuran antara merah dan kuning, Karakter warnanya yang hangat memberikan  keramahan, keceriaan, kepercayaan diri pada anak. Walau demikian, terlalu banyak warna orange dalam kamar anak dapat membuatnya susah tidur. Untuk menyiasatinya, warna orange dapat dikombinasikan dengan warna lain.

6. WARNA UNGU


UNGU merupakan warna yang sering dipakai para raja Eropa untuk memberikan kesan megahdan mewah. Selain itu, warna ungu juga memberikan kesan ambisi, sensitif, spiritual. Warna ungu dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Nuansa kamar yang warna ungunya terlalu banyak dapat membuat anak menjadi terlalu dominan dan ingin berkuasa.

7. WARNA HITAM


HITAM menampilkan kesan hampa, gelap dan sesaat dapat melambangkan kehidupan yang terhenti. Anak-anak menunjukkan kecenderungan untuk memilih warna cerah dan tidak menyukai warna gelap. Tetapi dengan perpaduan warna cerah yang tepat, hitam dapat menjadi warna yang bold dan elegan.

8. WARNA PUTIH


PUTIH melambangkan kesucian, kebersihan. Warna putih dapat membuat ruang tampak lebih luas. Untuk cat kamar anak, ada baiknya mengkombinasikan warna putih dengan warna lain yang membangkitkan kehangatan dan keceriaan.

9. WARNA ABU-ABU


ABU-ABU ini bebas dari kecenderungan psikologis dan tidak memberi pengaruh apapun pada anak karena bersifat netral.

10. WARNA COKELAT


COKELATmerupakan warna bumi yang memberi kesan nyaman dan aman. Warna ini juga bias memberikan kesan mewah karena dekat dengan warna emas. Secara psikologis, warna coklat membuatnya menjadi kurang toleran, suka merebut dan pesimis. Ada baiknya ruang berwarna coklat dikombinasikan dengan warna ceria lain seperti hijau, kuning atau orange.

Sharing Is Caring

Get Quotation