Working Hours Monday - Friday 08:00-16:00
Toll Free 1800.899.900

Pivot Stories

Desain Interior Rumah Pintar, Desain Interior Masa Depan

12 January 2018 88 views

Desain smart home sebenarnya sudah mulai diaplikasi dan diintegrasi ke dalam desain interior secara umum. Beberapa menyebutnya dengan istilah smart interior design.

Di era digital seperti sekarang ini, saat semua orang menginginkan semua hal yang serba praktis, serba cepat dan efisien, desain interior rumah pintar, elemen desain interior masa depan dapat memberi kemudahan-kemudahan tersebut.

Banyak vendor dan perusahaan-perusahaan raksasa teknologi terkenal telah ikut mengembangkan desain smart home. Sebut saja Intel, Google, Samsung atau beberapa firma arsitek ternama. Mereka berlomba mengenalkan elemen desain interior masa depan, elemen desain interior rumah pintar.


Samsung hadir dengan konsep Smart Home dan SmartThings-nya. Juga Intel dan google yang tak mau ketinggalan mengenalkan rancangan desain interior rumah pintarnya. Elemen desain interior masa depan ini memang dirancang untuk dapat memenuhi gaya hidup yang serba cepat, gaya hidup di era digital dewasa ini.



Secara sederhana, konsep smart home adalah beragam kemudahan untuk mengatur rumah dengan dukungan teknologi. Smart watch, smartphone, tablet adalah perangkat digital yang umum digunakan siapapun saat ini. Perintah-perintah untuk mematikan dan menyalakan lampu melalui perangkat digital akan segera menjadi kelaziman dalam desain interior rumah pintar.



Elemen Desain Interior Rumah Pintar

Kulkas sebenarnya telah lama menjadi bagian dari peralatan rumah tangga yang diidentifikasi sebagai elemen desain interior rumah pintar. Hingga saat ini, dengan dibenamkannya beragam fitur canggih pada jenis dan model kulkas, menjadikannya sebagai salah satu peralatan rumah tangga pertama yang mendapatkan banyak sentuhan teknologi modern. Seperti pada kulkas samsung ini.

Desain interior rumah pintar

Rethink the refrigerator. ~ via Samsung

Kulkas pintar mungkin menjadi salah satu elemen pertama smart home yang diperkenalkan, namun sebenarnya, desain interior rumah pintar secara kesluruhan melibatkan instalasi berbagai perangkat yang jauh lebih rumit dan kompleks.

Desain interior rumah pintar, desain interior masa depan tidak akan lagi memberikan kesulitan dan kebosanan pada penghuninya. Konon katanya, hanya untuk sekadar mengganti wallpaper saat Anda merasa bosan dengan tampilannya, hanya membutuhkan usapan tangan atau perintah melalui gadget saja. Benar-benar rancangan interior masa depan.

Pun begitu dengan rancangan-rancangan interior lainnya. Aspek-aspek seperti warna, pencahayaan hingga dekorasi mungkin akan berubah sepenuhnya menjadi lebih canggih dengan dukungan teknologi terkini.


Contoh yang lain, jika Anda hendak mematikan lampu maka hanya tinggal memberi perintah tersebut melalui smartphone atau smartwatch Anda. Atau saat ingin membersihkan rumah maka setelah menerima perintah suara dari Anda, vacuum cleaner dan mesin cuci bisa langsung bekerja.

Desain interior Masa Depan

Kenapa smart home akan segera menjadi desain interior masa depan, jawabannya mungkin terletak pada segudang kemudahan yang akan diperoleh pemilik rumah. Konsep smart home atau rumah pintar bahkan memungkinkan Anda memantau rumah dari jarak jauh.

Desain interior masa depam adalah titik puncak dari transformasi peralatan rumah tangga. Namun tidak hanya itu, implikasi yang dihadirkan elemen berbasis teknologi modern ini juga akan berdampak pada keseluruhan desain interior secara umum.

Desain rumah pintar dengan beragam sensor sebenarnya telah di eksperimentasi oleh sebuah firma arsitek asal Spanyol Think Big Factory. Mereka berhasil merancang sebuah prototype smart home yang dinamai openarch project.

Desain interior rumah pintar

Prototype – rancangan interior openarch project. ~ via think big factory

Rancangan Desain Interior Rumah Pintar

Openarch merupakan rumah pintar pertama yang dirancang dari nol untuk menggabungkan berbagai layer digital yang menghubungkan rumah dan berbagai elemennya ke internet. Ruangan yang sepenuhnya interaktif.

Desain interior rumah pintar

open arch project. ~ via Think Big Factory

Antarmuka gestural yang dikembangkan oleh Openarch benar-benar mampu memecah keterbatasan berinteraksi dengan komputer melalui layar, mouse dan keyboard. Kemampuan unik untuk mengubah berarti dapat menyesuaikan diri dengan kondisi apapun yang dibutuhkan pengguna.

Selain itu, kabarnya, Samsung, perusahaan raksasa teknologi asal Korea sudah berhasil mengakuisisi Smart Things, start up bisnis terkemuka yang mengembangkan produk yang membuat IOT dan Smart Home menjadi bagian hidup konsumen di masa depan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Samsung berhasil mengembangkan sejumlah perangkat untuk menunjang konsep Smart Home, antara lain Starter Kit, Hub, Motion Sensor, Multi Sensor, dan Power Outlet. Semua perangkat tersebut dapat dihubungkan dengan produk rumah tangga Samsung yang dapat diatur dan dikendalikan melalui sebuah remote.

Smart Home bukan lagi sekadar konsep. Tetapi merupakan bagian integral dari perkembangan desain interior masa depan. Rancangan Smart home kini perlahan-lahan menjadi kenyataan. Anda pun dapat segera mewujudkannya, tidak lama lagi.

Selamat datang di dunia desain interior rumah pintar. Desain interior mas depan dalam dunia digital.

Happy decorating.


Sumber: http://interiordesign.id

Sharing Is Caring

Get Quotation